22
Jan

Contoh Penerapan Arsitektur Kontemporer

Lalu, seperti apa penerapan gaya arsitektur kontemporer sebenarnya? Untuk mempermudah memahaminya kamu bisa melihat beberapa contoh karya arsitektur yang terkenal akan pengaplikasian gaya arsitektur kontemporer berikut:

The Capital Gate Tower in Abu Dhabi – United Arab Emirates karya RMJM

Gedung pencakar langit yang memiliki 35 lantai ini memiliki gubahan masa melingkar yang berputar sebanyak 18 derajat pada tengah membuatnya tampil sangat berbeda dengan rancangan-rancangan bangunan pencakar langit pada umumnya.

Gedung dengan gaya arsitektur kontemporer karya firma arsitektur asal Scotland, RMJM ini memiliki layout lantai yang berbeda setiap lantainya.

The Auditorio de Tenerife – karya Santiago Calatrava

Bangunan bergaya arsitektur kontemporer selanjutnya adalah bangunan karya arsitek Santiago Calatrava yang memang banyak menelurkan karya arsitektur kontemporer yang memukau. Bangunan The Auditorio de Tenerlife ini memiliki bentuk lengkung dan juga melingkar yang sebenarnya terlihat sangat tidak konvensional untuk bangunan-bangunan lain yang memiliki fungsi auditorium. Menarik, gaya arsitektur kontemporer membuat bangunan  auditorium ini sangat ikonik.

The Sydney Opera House – karya Jorn Utzon

Siapa yang tak mengenal Sydney Opera House di Benua Australia? Bangunan ini adalah contoh bangunan bergaya arsitektur kontemporer yang ikonik lainnya. Meski diresmikan pada 1973, struktur dan bentuk dari bangunan ini menjadi titik referensi dari gaya arsitektur kontemporer.

Bentuk ikonik dari bangunan bergaya arsitektur kontemporer ini sendiri terinspirasi dari bentuk layar kapal atau kumpulan kulit kerang yang menumpuk satu sama lain.

The Long House – Great Britain karya Hopkins Architects

Tidak hanya pada berbagai banguan gedung komersial, gaya arsitektur kontemporer juga sangat mungkin untuk kamu terapkan pada hunian. Salah satu contoh rumah yang menerapkan konsep arsitektur kontemporer adalah The Long House karya Hopkins Architects.

Rumah bergaya arsitektur kontemporer ini memiliki gubahan masa yang panjang dan memugkinkannya memiliki pengaturan layout interior yang tidak konvensional.

Source: Dekoruma